Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan

MUSYAWARAH NASIONAL ASOSIASI DAERAH PENGAHASIL MIGAS (MUNAS ADPM) KE- IV, \”AJANG KEMBALINYA PERAN AKTIF PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN DALAM SEKTOR MIGAS NASIONAL\”

Provinsi Sumatera Selatan merupakan Provinsi terkaya ke lima di negara ini yang memiliki potensi dan sumberdaya alam yang berlimpah seperti batubara, minyak bumi, gas bumi, panas bumi serta mineral logam dan non logam. Gubernur Sumatera Selatan melalui Dinas ESDM dalam hal ini yang dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas ESDM Hendriansyah, S.T, M.Si dan Provinsi lainya di indonesia bersama-sama ikut hadir dalam kegiatan acara Munas ADPM Ke-IV, baik hadir bertatap muka maupun daring  yang diselengerakan di The Hotel Anvaya Beach Resort Bali di Kabupaten Badung, Kecamatan Kuta, Provinsi Bali, Senin 21/12/2020 lalu.

Kehadiran dan keikutsertaan Provinsi Sumatera Selatan di dalam MUNAS ini, merupakan tindak lanjut arahan dari Bapak Gubernur Sumatera Selatan untuk ikut beperan aktif kembali dalam kegaiatan ADPM yang diselengerakan.

Sebelum agenda kegiatan dibuka bapak Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) dan Bapak Rahmat Hadi (Sekjen DPD Republik Indonesia) juga ikut hadir memberikan arahan tentang kegiatan ADPM tersebut. Agenda kegiatan dibuka oleh menteri ESDM Republik Indonesia yang mewakili bapak H. Makruf Amin wakil Presiden Republik Indonesia dan di lanjutkan bapak Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina Persero secara virtual. Dalam arahan tersebut Pemerintan Pusat dan Daerah harus bersama-sama untuk bersinergi dalam mengupayakan peran pemerintah daerah dalam pengelolaan Minyak dan Gas yang berada di Indonesia.

Setelah melalui tahapan-tahapan sidang plano yang teragenda, maka terpilih lah secara alkamasi bapak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) menjadi ketua umum ADPM 2020-2025 menggantikan bapak Insra Noor (Gebunur Kalimantan Timur) yang ditandai dengan penyerahan pataka.

Pada kesempatan ini juga Hendriansyah memberikan masukan kepada pimpinan munas dan pimpinan sidang, untuk mengusulkan Bapak H. Herman Deru (Gubernur Sumatera Selatan) selaku ketua pelaksana harian ADPM. Hal ini juga didukung oleh beberapa provinsi lain yang mengikuti acara MUNAS tersebut.

Kegiatan ini ditutup  oleh sambutan Ketua Umum yang terpilih Bapak Ridwan Kamil. Di masa kepemimpinannya mendatang sebagai Ketum ADPM baru, Kang Emil sapaan Ridwan Kamil akan maksimalkan peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dari masing-masing Provinsi dan Kabupaten Kota penghasil migas untuk terlibat aktif dalam berbagi peran menyejahterakan masyarakat.

Menurutnya, hal tersebut akan menjadi kekuatan utama pemerataan peningkatan ekonomi di masa mendatang.

“Di pengurusan baru, penguatan kepada manajemen daerah akan dimaksimalkan. Kita harus pahami tujuan kita sama dengan pemerintah pusat yaitu menyejahterakan masyarakat,”.

Berikutnya, pelaksanaan MUNAS akan dilakukan di wilayah Jabar daerah asalnya dengan agenda membentuk kepengurusan ADPM Periode 2020-2025. Nantinya, turut dibahas juga beberapa potensi wilayah penghasil migas yang ada di Jabar ujarnya.

\"\" \"\"\"\"\"\"\"\" \"\"\"\"