Sekretariat

Drs. H. ZIRON, SE, MM
Sekretaris Dinas

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dengan bidang-bidang dan pelayanan teknis administrasi meliputu urusan kepegawaian, keuangan, aset, hukum, perencanaan, umum dan rumah tangga.

Fungsi sekretariat:

  1. Pengelolaan urusan tata usaha, rumah tangga, perlengkapan, administrasi kepegawaian dan hukum;
  2. Pengelolaan administrasi dan pertanggungjawaban keuangan serta aset;
  3. Pengelolaan perencanaan kegiatan dan pelaporan tahunan;
  4. Pengelolaan, penatausahaan, pemanfaatan dan pengamanan barang milik negara/daerah; dan
  5. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan.

NOVIYANTI PUJI LESTARI, SS
Plt. Kepala Subbagian
Umum dan Kepegawaian

HERNA NELY, SE, MM
Kepala Subbagian
Keuangan

ANDAYANI, S.Pd, M.Si
Kepala Subbagian
Perencanaan, Evaluasi & Pelaporan

Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas:

  1. Melaksanakan tata usaha, surat menyurat, arsip dan keperluan rumah tangga Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral;
  2. Melaksanakan dan mengatur penggunaan dan pemeliharaan semua barang inventaris baik bergerak maupun tidak bergerak;
  3. Melaksanakan urusan administrasi kepegawaian meliputi kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, cuti, disiplin dan pension;
  4. Menyiapkan usulan pegawai yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan structural/fungsional;
  5. Melakukan penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU) dan Rencana Pemeliharaan Barang Unit (RPBU); dan
  6. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan olah pimpinan.

Subbagian Keuangan mempunyai tugas:

  1. Menyusun Rencana Kerja Anggaran (RKA) belanja tidak langsung dan belanja langsung melalui aplikasi SIMDA Keuangan;
  2. Melaksanakan penatausahaan keuangan dan aset melalui aplikasi SIMDA Barang Milik Daerah (BMD);
  3. Menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan belanja langsung dan belanja tidak langsung;
  4. Membuat ususlan rencana belanja pegawai dan mengurus realisasi belanja pegawai berupa gaji, tunjangan dan penghasilan pegawai lainnya;
  5. Melaksanakan pembukuan atas penerimaan dan pengeluaran anggaran belanja langsung dan belanja tidak langsung;
  6. Melakukan pembukuan atas penerimaan daerah di bidang energi dan sumber daya mineral; dan
  7. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan.
  1. Menyiapkan bahan rumusan perencanaan berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) dan penetapan indicator kinerja;
  2. Mengumpulkan bahan Rencana Kerja Anggaran (RKA) berdasarkan Kerangka Acuan Kerja (KAK);
  3. Menyusun Rencana Kinerja Tahunan (RKT) sesuai pagu Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang telah ditetapkan oleh Gubernur;
  4. Menyusun laporan realisasi fisik dan keuangan per triwulan, laporan kinerja tahunan dan laporan semester/tahunan;
  5. Menyusun dan mengolah data statistik energi dan sumber daya mineral;
  6. Menyusun dan mengevaluasi rancangan peraturan perundang-undangan di bidang energi dan sumber daya mineral;
  7. Menyiapkan bahan perencanaan strategis di bidang energi dan sumber daya mineral dengan berkoordinasi antar unit kerja;
  8. Melakukan evaluasi seluruh kegiatan yang bersumber dari pendanaan APBD/APBN; dan
  9. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan.