Tanggulangi Pencemaran Lingkungan Akibat Debu Batubara di Lahat, DPRD Prov. Sumsel Panggil Pihak Pengusaha Tambang

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memanggil sejumlah pihak pengusaha tambang batubara di Kabupaten Lahat terkait adanya pengaduan warga masyarakat Kabupaten Lahat yang merasa lingkungan mereka telah tercemar oleh debu batubara dari kegiatan pengangkutan batubara melalui jalan umum, Kamis (9/9/2021), dalam Rapat Kerja Komisi IV DPRD Sumsel bersama para pihak pengusaha dan Dinas terkait, di ruang rapat DPRD Sumsel

Rapat yang dipimpin Ketua Komisi IV DPRD SUmsel, Ir. M Ridho tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja yang dilakukan anggota dewan Komisi IV DPRD Sumsel ke lokasi yang diduga terjadi pencemaran, dalam rangka menanggulangi pencemaran lingkungan di Kabupaten Lahat.

Hadir dalam rapat Kepala Dinas Energi dan Sumsel Daya Mineral (ESDM) Prov. Sumsel, Hendriansyah, ST, MSi, Kepala Dinas Perhubungan Prov. Sumsel, H. Arinarsa, dan Kepala Bidang Gakkum Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Prov. Sumsel serta perwakilan para pengusaha Pertambangan Batubara di Kabupaten Lahat.

Ketua Komisi IV DPRD Sumsel, Ir. M Ridho mengatakan, untuk mencegah pencemaran lingkungan batubara yang selama ini diangkut dengan dump truck melalui jalan umum dapat dikurangi dengan meminta pihak pengusaha tambang batubara untuk membangun jalan khusus angkutan sehingga tidak lagi menggunakan jalan umum. Jika dampak pencemaran tersebut tidak dapat diatasi maka kegiatan pengangkutan batubara melalui jalan umum akan dihentikan.

Sebelumnya warga masyarakat khususnya ibu ibu di Kecamatan Merapi Kabupaten Lahat mendatangi DPRD Sumsel mengadukan keluhan mereka banyaknya debu batubara di lingkungan pemukiman mereka. Laporan tersebut ditindaklanjuti anggota Komisi IV DPRD Sumsel dengan meninjau lokasi yang terduga terjadi pencemaran khususnya pencemaran udara akibat debu batubara.

Menanggapi hasil rapat tersebut pihak perusahaan selaku pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) Batubara sangat mendukung dan akan mengikuti aturan yang berlaku serta akan mempercepatan pembangunan jalan khusus yang sudah direncanakan sehingga produksi batubara tetap berjalan dan dapat memberikan sumbangsih bagi Provinsi Sumsel khususnya Kabupaten Lahat melalui DBH Sektor Minerba.





Bagikan Artikel ini